gravatar

Ada Pangandaran di Kota Bandung

Ada Pangandaran di Kota Bandung
Memang tidak sebesar nama Padang di jagad kuliner yang tidak hanya terkenal di Indonesia tapi sampai ke Arab Saudi, nama Pangandaran sepertinya mulai menjadi pilihan beberapa tempat makanan yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu kota yang sedang saya tinggali saat ini adalah Bandung, orang menyebutnya dengan paris van java atau juga kota kembang.

Nama tempat makan yang pernah saya jumpai di Bandung yang mempunyai nama Pangandaran lebih dari tiga buah, walaupun kesemuanya bukan dimiliki orang Pangandaran. Beberapa tempat makan yang memiliki nama Pangandaran ataupun Cabang dari Pangandaran di kota Bandung antara lain:

Rumah Makan Risma Pangandaran
Rumah makan ini menyajikan makanan-makan khas Pangandaran yaitu seafood, dan rumah makan ini memang merupakan cabang Dari Pangandaran yang berlokasi di Jalan Setiabudi Bandung tidak jauh dari Borma Swalayan. Masakan yang disajikan juga sangat beragam mulai dari Udang, Cumi, Ikan hingga kerang. Rasanyapun khas Pasar Ikan Pangandaran. Hanya saja tingkat kesegaran ikannya tidak bisa disamakan dengan di Pangandaran yang langsung dapat dari nelayan.

Kampung Laut Pangandaran
Rumah makan ini tidak sebesar rumah makan risma, hanya saja banyak media yang meliput rumah makan ini, tentunya selain sajian seafoodnya, rumah makan ini mempunyai menu spesial yaitu Sidat Terpedo, ada beberapa pernik pangandaran yang terlihat terpajang di dinding rumah makan ini yang terletak dijalan Tubagus Ismail.

Rumah Makan Khas Pangandaran

Tempatnya tidak terlalu lebar karena memang berada di pinggir dari Rumah makan ampera di jalan soekarno hata, saya sendiri belum pernah mencoba masuk dan makan didalamnya berbeda dengan dua rumah makan sebelumnya. Sepertinya tidak jauh berbeda dengan rumah makan sebelumnya yang menyajikan masakan-masakan laut.

Baso Urat Pangandaran
Saya temukan baso urat Pangandaran ini di bagian timur Bandung tepatnya didaerah Ujung Berung. Baso urat ini tidak seperti rumah makan hanya kaki lima saja, hanya saja bernama Pangandaran juga. Terkadang saya melihat cukup ramai pengunjungnya. Dan sejauh pangandaran tidak mempunyai kekhasan untuk masakan jenis Baso karena di pangandaran sendiri untuk makanan jenis baso didominasi oleh Baso Solo.

Sejauh ini hanya itu yang ditemukan dikota Bandung, kalau pembaca semua pernah menemukan juga coba share disini yah :)