gravatar

Kelapa Bercabang Lima Dipercaya Bawa Berkah


Kelapa Bercabang Lima Dipercaya Bawa berkah
Hopid (42) warga Dusun Citotok Desa Ciparanti Kecamatan Cimerak tidak ada niatan untuk menebang pohon kelapa warisan orang tuanya yang memiliki keanehan. Salah satu keanehannya pohon kelapa yang tumbuh di halaman rumahnya itu bercabang lima. Kelima cabang tersebut berbuah normal seperti pohon kelapa pada umumnya.

Hopid menjelaskan awalnya pohon kelapa tersebut tumbuh normal. Saat tumbuh dengan tinggi sekitar 14 meter sempat hampir mati akibat serangan hama. “Kami kira kelapa itu akan mati, eh malah tumbuh lagi bahkan tumbuh lima tunas sampai membesar,” ungkapnya kemarin.

Menurut cerita orang tua, kata dia, pohon tersebut ditanam tahun 1962. Saat ini tinggi pohon tersebut diperkirakan sekitar 25 meter dengan tinggi cabang masing-masing sekitar 2,5 meter. Buah dari pohon kelapa aneh tersebut mirip dengan buah kelapa pada umumnya.“Nggak ada yang beda, bentuk sama rasanya juga sama saja. Kami sekeluarga mencoba mempertahankan pohon ini karena membawa berkah, buahnya banyak. Bayangkan saja satu pohon tapi seperti punya lima pohon kelapa,” tuturnya.

Rohimat (37), tetangga Hopid menambahkan, tinggi dari kelima cabang pohon kelapa tersebut hampir sama. Ia sempat menyadapnya. “Dulu pernah disadap (diambil air niranya), ternyata hasil sadapannya banyak, malahan gula merah yang dihasilkan kualitasnya bagus,” tuturnya.Namun, kata dia, karena banyak warga yang penasaran sama buah kelapa tersebut akhirnya pohon bercabang lima itu dibiarkan lagi berbuah. Hanya saja, sekitar setahun yang lalu cabang pohon yang kelima patah akibat terpaaan angin kencang.

Rohimat menjelaskan sepekan terakhir sempat ada warga Pangandaran datang melihat pohon kelapa tersebut bahkan berminat membelinya. “Ada orang tanya sama saya, pohon ini mau dijual nggak? Tapi, Kang Hopid kebetulan lagi nggak ada, katanya dia kolektor benda-benda unik dan mau datang lagi ke sini (Cimerak),” terang dia.

Sumber RadarTasikmalaya