gravatar

Perbaiki Jalur Selatan, Pemprov Jabar Incar Dana Hibah Amerika

Perbaiki Jalur Selatan, Pemprov Jabar Incar Dana Hibah Amerika
Pemeritah Jawa Barat mengincar dana hibah Pemerintah Amerika Serikat yang dikelola MCC (Millenium Chalenge Corporation), untuk membenahi jalan lintas selatannya. ”Ini lagi diperjuangkan,” kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat M Guntoro pada wartawan di kantornya di Bandung, Senin (25/10). Menurut Guntoro, MC akan menggelontorkan hibah pada pemerintah Indonesia. Salah satu duit hibah itu diperuntukkan untuk perbaikan jalan. Guntoro mengatakan, pemerintah Jawa Barat mengusulkan ruas lintas selatan mulai dari Pangandaran hingga Pelabuhan Ratu.

Guntoro mengatakan, tim dari lembaga milik pemerintah Amerika Serikat itu sudah datang melihat langsung jalan itu. Pemerintah Jawa Barat, lanjutnya, terus diajak rapat oleh Bappenas serta Kementerian Pekerjaan Umum soal dana hibah untuk jalur selatan itu. ”Belum final,” katanya.

Pemerintah Jawa Barat mengusulkan dana untuk perbaikan semua ruas jalan di jalur lintas selatan itu sampai Rp 3 triliun dalam 5 tahun pengerjaannya. Perbaikan jalan itu melingkupi jalur selatan mulai dari Cisolok Pelabuhan Ratu, sampai Kali Pucang di Pangandaran. Perbaikan jalan itu juga termasuk 7 jalan yang menjadi akses menuju lintas selatan itu, di antaranya jalan Pangalengan-Cukul, Racabali-Balegede, Sukanegara-Sindangbarang, serta Tegalbuleud.

Mulai tahun ini, pemerintah pusat menjadikan jalan lintas selatan sepanjang 417 kilometer yang tadinya tidak berstatus, menjadi Jalan Strategis Nasional. Tahun depan pemerintah pusat akan mengucurkan dana Rp 90 miliar untuk memperbaki jalan untuk memperbaiki jalan tersebut. (Tempo)
gravatar

info yang berguna gan..makasih