gravatar

Kabupaten Pangandaran Menguat

Wacana pemekaran Pangandaran menjadi kabupaten baru tercatat sebagai salah satu agenda pembahasan rapat pleno DPR, Jumat (28/10). Hal tersebut semakin menguatkan rencana pemekaran yang sejak lama digulirkan. Anggota Komisi II DPR asal daerah pemilihan Kabupaten Kuningan,Kota Banjar,dan Kabupaten Ciamis, Agun Gunanjar Sudarsa mengungkapkan, Pangandaran telah masuk daftar daerah calon pemekaran yang akan dibahas pada rapat pleno Komisi II DPR, Jumat (28/10) mendatang.

“Ada enam daerah otonomi baru yang akan dikaji secara objektif, sedangkan total calon daerah otonomi yang akan dibahas dalam pleno jumlahnya 17 daerah, salah satunya Pangandaran,” kata Agun Gunanjar Sudarsa saat di hubungi, Rabu (26/10/2011). Agun juga mengimbau kepada masyarakat Pangandaran agar tetap berjuang supaya Kabupaten Pangandaran bisa cepat terwujud. “Nanti hasil rapat pleno akan segera disampaikan kepada pemerintah dan bisa menentukan sebuah keputusan yang objektif tentang Pangandaran,” tuturnya.

Meski begitu,Agun meminta agar warga di wilayah calon daerah otonom baru (DOB) Pangandaran bisa menjaga stabilitas keamanan. ”Saya sangat berkomitmen untuk mendorong lahirnya Kabupaten Pangandaran,tapi saya juga minta agar masyarakat tetap menjaga stabilitas keamanan,” tegasnya.

Sebelumnya, sekitar 100 orang dari Presidium Pemekaran Calon Kabupaten Pangandaran, Senin (24/10) mendatangi Gedung DPR di Jakarta. Kedatangan mereka ke Gedung DPR tak lain menanyakan perkembangan pemekaran calon Kabupaten Pangandaran.

Kedatangan ratusan warga juga tak lain karena sebelumnya sempat terdengar kabar Kabupaten Pangandaran tidak masuk dalam daftar calon daerah otonom yang dibahas pada rapat pleno DPR tahun ini.

“Sesuai PP No 78/2007 tentang Persyaratan Pemekaran Wilayah,calon Kabupaten Pangandaran sudah memenuhi semuanya mulai dari syarat administratif, teknis, dan kewilayahan. Namun baru-baru ini, disebutkan Pangandaran tidak termasuk yang akan diparipurnakan, sehingga masyarakat mempertanyakan dan presidium datang langsung ke DPR,” kata Ketua Presidium Calon Kabupaten Pangandaran HSupratman saat dihubungi, Selasa (25/10)

Kata dia, di DPR, presidium bertemu perwakilan sejumlah partai yang tergabung di Komisi II DPR RI, diantaranya unsur pimpinan Komisi II DPR yaitu Taufik Efendi (Demokrat), Haeruman Harahap (Golkar), Ganjar Pranowo (PDIP) dan Hakam Janna (PAN). “Kami di DPR bertemu beberapa unsur pimpinan Komisi II DPR RI,”terangnnya.
sumber:ahmadheryawan.com